Kisah Pemilik Bukalapak.com Merintis Dari Nol Hingga Dilirik Investor
Menjadi sukses bukan perkara mudah. Perlu proses panjang untuk bisa menggapainya. Hal tersebut dialami Direktur Utama Bukalapak.com, Achmad Zaky. Zaky mencoba membagi pengalamannya memulai bisnis belanja online dari nol hingga sukses seperti sekarang. Membangun kewirausahaan itu membutuhkan proses yang panjang, nggak bisa 5 tahun misalnya, terus langsung sukses, ujarnya dalam Seminar Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Indonesia di Crystal Lotus Hotel, Yogyakarta
Zaky memulai berbisnis saat masih duduk di bangku kuliah di tahun 2007, saat dirinya memasuki kuliah tingkat ketiga. Zaky memilih berbisnis di media digital yang ia berinama Bukalapak.com. Zaky sendiri memang aktif mengikuti perkumpulan kewirausahaan di kampusnya. Dulu kuliah aktif di entrepeneurship, mulai dari klub itu, saya sendirian, teman-teman nggak ada yang tertarik untuk memulai bisnis. Saya mulai sejak 2007, tingkat 3 kuliah, ucapnya.
BACA JUGA
- Memahami 5 Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Blog
- Tahu Kah Kamu Youtube Juga Bisa Menghasilkan Uang
- Pemuda Bali Ini Dapat Modal Rp 650 juta dari Google
- Tahu Kah Kamu Youtube Juga Bisa Menghasilkan Uang
Saya sering sekali gagal hampir 3 tahun memulai bisnis, nah 2011 baru merasakan hasilnya, dan sampai hari ini Alhamdulillah, kalau dihitung dari 5 tahun lalu, sudah bertumbuh ratusan kali lipat, tapi kalau melihat seperti Alibaba kita sangat kecil, katanya. Saya bukan dari keluarga konglomerat. Awalnya mulai bisnis, modal nggak ada, nggak pengalaman, tapi saya nekat, at least saya nyoba dulu, saya percaya diri. Setelah berjalan beberapa waktu, dapat investasi miliaran dari seorang investor Jepang, awalnya diajak makan siang, ternyata dia tertarik investasi di Bukalapak, papar dia.
Awalnya takut ditawarin miliaran, dia bilang kalau rugi anggap saja uangnya hilang, jadi kalau si pemilik bisnis pegang 90% dia hanya 10%, itu akan bikin pebisnis semangat sehingga memacu terus bisnisnya, dalam jangka panjang untung, kok keren banget. Jadi saya memahami konsep ini, keren sekali konsepnya, berbeda dengan investor lokal, kebalikannya, ini yang harus ditularkan ke pengusaha lokal. Supaya mereka investasi di start up, jelas dia.
"Berwirausaha itu menciptakan jutaan wirausahawan baru. Virus wirausahawan itu gerakan sosial, harus ditularkan," ungkapnya.
sumber : detik.com
0 comments
Post a Comment